Sunday 11 September 2011

Apakah Olive Oil ?


Olive Oil (Minyak Zaitun) adalah minyak yang dihasilkan dari buah pohon zaitun (olea eurapaea L.) dengan pengecualian minyak yang diperoleh dengan menggunakan pelarut  atau proses esterifikasi ulang dan dari setiap campuran dengan minyak jenis lain. Olive Oil dipasarkan sesuai dengan namanya dengan difinisi sebagai berikut ini:

Virgin Olive Oil adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun hanya dengan cara mekanis saja, atau secara fisik dengan beberapa persyaratan, khususnya dalam kondisi panas tertentu, yang tidak akan mengakibatkan perubahan pada minyak tersebut dan tidak melalui proses apapun selain pencucian, pembotolan, pemutaran dan penyaringan.

 Virgin Olive Oil yang baik untuk dikonsumsi adalah yang termasuk:
• Extra Virgin Olive Oil: minyak zaitun murni yang bebas dari keasaman, dinyatakan sebagai oleic acid, dengan kadar keasaman tidak lebih dari 0,8 gr per 100 gr nya, dan sifat-sifat khas lainnya sesuai dengan standard yang telah ditetapkan untuk jenis minyak ini.
• Virgin Olive Oil: minyak zaitun murni yang bebas dari keasaman, dinyatakan sebagai oleic  acid, dengan kadar keasaman tidak lebih dari 2 gr per 100 gr nya dan sifat-sifat lainnya sesuai    dengan standard yang telah ditetapkan untuk jenis minyak ini.
• Ordinary Virgin Olive Oil: minyak zaitun murni yang bebas dari keasaman, dinyatakan sebagai oleic acid, dengan kadar keasaman tidak lebih dari 3,3 gr per 100 gr nya, dan sifat-sifat khas lainnya sesuai dengan standard yang telah ditetapkan untuk jenis minyak ini.

Minyak zaitun murni tidak baik untuk dikonsumsi karena, , minyak zaitun murni yang bebas dari keasaman, dinyatakan dan/atau karakteristik dan sifat-sifat khas lainnya sesuai dengan yang ditetapkan dalam standard untuk jenis minyak ini. Minyak tersebut dimaksudkan untuk disuling atau untuk keperluan teknik.

Refined Olive Oil adalah minyak zaitun yang diperoleh dari hasil penyulingan minyak zaitun murni dengan memakai metode penyulingan yang tidak menyebabkan perubahan dalam struktur glyceridik awal. Minyak zaitun jenis ini bebas dari keasaman, dinyatakan sebagai oleic acid, dengan kadar keasaman tidak lebih dari 0,3 gr per 100 gr nya dan sifat-sifat khas lainnya sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam standard untuk minyak jenis ini.

Olive Oil adalah minyak hasil pencampuran dari Rifine Olive Oil dan Virgin Olive Oil yang baik untuk dikonsumsi. Minyak ini bebas dari keasaman, dan dinyatakan sebagai oleic acid, yang kadar keasamannya tidak lebih dari 1 gr per 100 gr nya dan karakteristik lainnya sesuai dengan yang ditetapkan dalam standard untuk minyak jenis ini.

No comments:

Post a Comment